Kamis, 06 Februari 2020

Peniru


Seringkali kita dengar bahwa anak adalah peniru ulung. Apa yang dilakukan orang tua akan ditiru dengan persis oleh sosok yang bernama anak. Maka itu keteladanan orang tua adalah cara terbaik mendidik anak. Namun pernah ga sih kita perhatikan kalau tidak hanya anak meniru yang kita lakukan, tapi mereka kadang jg adalah cerminan perilaku masa kecil kita kepada orang tua kita.
.
Ini yang sedang saya perhatikan akhir-akhir ini. Contohnya anak saya pas saya pulang pasti tanya "Abi bawa oleh-oleh apa? atau Abi bawa apa?"
Kemudian saya merefleksi masa kecil saya, ternyata saya juga menanyakan hal yang sama kepada bapak dan ibu saya dulu. Pun saat saya panggil anak saya kemudian anak saya seperti abai terhadap panggilan saya maka saya baru menyadari bagaimana gondok dan marahnya bapak ibu saya, karena dulu saya ternyata sering abai atau mbingsrung/mbaleng klo bahasa jawa nya.
.
Dan mau seperti apa anak kita kelak memperlakukan kita yang sudah menua, begitu juga bagaimana kita memperlakukan orang tua kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar