Rabu, 19 Agustus 2009

Balada subuh waktu itu...

Subuh waktu itu seperti biasa bersama seorang sahabat saya berjalan menuju masjid memenuhi panggilan Ilahi, sebenarnya dari waktu berangkat ke masjid dan pelaksanaan sholat berjalan sebagaimana lazimnya, namun ada suatu peristiwa yang memberikan saya suatu pelajaran yang sangat berharga, yaitu ketika kami sudah selesai sholat subuh berjamaah, dan akan meninggalkan masjid untuk menuju tempat kos, di pintu keluar saya melihat sahabat saya itu sedikit kebingungan, hal yang memancing saya untuk bertanya padanya,
"kenapa bro?"
"ehm...ini, sendal saya kok ga ada ya?"
"sudah kau cari di pintu satunya?" karena masjid itu punya 2 pintu keluar yang tidak terlalu berjauhan,
"sudah, Alhamdulillah, tapi ga ada, ya udah yuk balik ke kos" jawabnya kini sembari tersenyum dan mengajak saya balik ke kos dengan dirinya tidak memakai sendal.
"kok tadi Alhamdulillah bro?"

"Ya...Alhamdulillah Fi..."
"Alhamdulillah karena Alloh hanya mengambil sepasang sandal saya, bukan sepasang kaki saya, sehingga kaki ini masih bisa terus saya langkahkan menuju masjid ketika datang panggilan itu, jadi Fi.... kita harus berusaha untuk merubah paradigma berpikir kita, ketika datang suatu cobaan maka ingatlah akan begitu banyaknya nikmat yang telah Alloh berikan kepada kita, InsyaAlloh dengan begitu kita akan lebih bisa sabar, tabah dan ridho atas cobaan yang Alloh berikan pada kita, seperti saya pagi ini, kehilangan sandal ya saya ingat saja nikmat kelengkapan fisik dalam hal ini kedua kaki saya, sembari berdoa semoga Alloh mengganti yang hilang tadi dengan yang lebih baik, intinya kita harus berusaha untuk selalu berpikir positif dan mengambil hikmah dari segala kejadian yang menimpa kita, baik itu ketika kita sedang dalam kesuksesan atau kegagalan, oke?!"
"Mantabs bro...trim's atas nasehatnya pagi ini, luar biasa" jawab saya terkagum akan sikap dan pola pikir sahabat saya ini
"Alhamdulillah" jawabnya singkat

Pelajaran yang sangat berharga bagi saya, tentang berpikir positif dan senantiasa mengambil hikmah atas segala keadaan yang menimpa kita, baik itu suatu kesuksesan atau kegagalan sekalipun, agar ketika kita sukses kita tidak lupa bahwa kita hanya seorang hamba dan sukses itu datangnya dari Alloh Subhanahu wa ta'ala, sehingga kita tidak terjebak dalam sikap takkabur yang sungguh tercela dan terlalu membanggakan diri, serta ketika kita menderita kegagalan kita tidak lantas langsung menyerah, namun kita bisa sabar dalam menghadapi kegagalan itu dan segera bangkit dan menjadikan kegagalan itu sebagai suatu bahan introspeksi diri atas yang telah kita usahakan sekaligus bahan pembelajaran untuk meraih suatu kesuksesan, sesungguhnya dibalik kesulitan ada kemudahan....

TETAP SEMANGAT...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar